Modifikasi Tampilan Google Plus Pada Blog | CATATAN SAIF - Tutorial Blogger

Modifikasi Tampilan Google Plus Pada Blog


Assalamu'alaikum,wr.wb

Jika kamu ingin mendapatkan banyak teman yang menambahkan lingkaran di google+, dapat kita lakukan dengan menggunakan media blogger. Yaitu dengan memasang widget Google Plus kita di blogger. Widget Google+ pada blog kita pada dasarnya semua pasti sama,namun tidak seperti pada umumnya kali ini kita akan belajar modifikasi tampilan google plusnya agar terlihat berbeda. 

tampilan bisa disesuaikan dengan selera.

Caranya cukup mudah, kita hanya perlu mengisikan data yang kita inginkan saja, untuk selanjutnya biar situs penyedianya yang bekerja..okey langsung aja langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sbb: 
  • Hal pertama yang harus kita persiapkan adalah mengetahui ID Google+ milik kita. Jika belum mengetahui ID nya, silahkan masuk ke halaman google plus yang digunakan. Kemudian ambil ID Google plus nya. Contoh : https://plus.google.com/u/0/118262285978838493553. Yang kita butuhkan adalah angkanya saja yaitu "118262285978838493553" , silahkan dicopy. namun jika sobat menggunakan ID khusus google seperti punya saya contohnya +saifachmad maka gunakan ID khusus itu untuk mengisinya.
CARA MEMBUAT WIDGET GOOGLE PLUS.

  • Masukkan ID Google Plus kita pada bagian Google Plus ID. ( dilingkari biru pd gambar)

Selain itu Kita juga bisa melakukan kostumisasi tampilan widget Google Plus, misalnya : mengubah warna background, lebar widget, jenis font, tampilan tombol dan banyak kustomisasi yang bisa disesuaikan. Jika sudah selesai klik tombol warna kuning  Get your widget now! .
  • Kemudian akan muncul kode script Widget Google Plus, Klik tombol warna Hijau  Copy your code untuk menyalin kode script tersebut dan di pasang diwidget blog kita.

CARA PASANG WIDGET GOOGLE PLUS DI BLOGGER
  • Masuk ke Blogger dasboard.
  • Pilih tab menu Layout / Tata letak -> Klik Add a Gadget / Tambah Gadget -> pilih HTML/Javascript.
  • Paste kode script Widget Google Plus yang tadi kita dapatkan.
  • Terakhir klik Save untuk menyimpan.
CARA PASANG WIDGET GOOGLE PLUS DI DALAM POSTING BLOG

Untuk menyimpan didalam posting blog seperti punya saya, ada banyak cara,yaitu :
  • Masuk ke Blogger dasboard >> Setelan/Setting >> Pos dan Komentar >> Template Entri >> Tambahkan lalu pastekan kode tersebut kedalamnya >> Save/Simpan.
  • Bisa juga Masuk ke Blogger dasboard >> Template >> Edit HTML >> cari kode <data:post.body/> gunakan CTRL+F untuk mudahkan pencarian, setelah ketemu paste kode google plus tadi tepat diatas atau dibawah kode <data:post.body/> lalu Save / Simpan.
Selesai! dan selamat, Widget Google plus telah berhasil dipasang di blogger Sobat. Dengan cara ini memungkinkan kita untuk dapat memiliki teman dilingkaran google plus kita.


5 komentar

makasih mas

Sips,sama2 gan.. :thumbup

keren :2thumbup

mas biar pto yang dilingkarannya kliatan gimna caranya, mhon pencerahan

sharusnya ada didalam fiturnya,coba di cek lagi bagian menu friends

Silahkan tinggalkan Kritik dan Saran Sobat dibawah sini :
Gunakan Akun openID / Google+ / Blogger agar ada pemberitahuan untuk catatansaif. Boleh Copas asal ada sumbernya ya.. untuk sedikit hargai kerja keras orang lain aja..
Centang "Notify Me" agar ada pemberitahuan balasan dari saya.
Mulai 2016 Komentar dengan menyertakan Link Aktiv / No Aktiv akan dihapus, jadi gunakan openID saja.